10+ Cara Merawat Hp Agar Awet Sampai Bertahun-Tahun

10+ Cara Merawat Hp Agar Awet Sampai Bertahun-Tahun

Cara merawat hp agar awet sampai tahunan wajib diketahui agar performa hp tetap baik dan uang anda pun tetap aman karena tidak perlu service hp atau membelinya dalam waktu dekat. Smartphone atau ponsel pintar saat ini jadi kebutuhan, penerapan teknologi yang semakin canggih di hp keluaran terbaru membuat berbagai aktivitas jadi lebih mungkin dilakukan hanya dengan hp.

Namun sayangnya hp juga ada masa pakainya, seiring dengan berjalannya waktu performa hp akan menurun hingga akhirnya anda harus membeli yang baru. Namun ada beberapa cara merawat hp agar awet hingga bertahun-tahun, cara tersebut bisa anda terapkan agar performa hp tetap baik dan memperpanjang usia pakainya.

10+ Cara Merawat Hp Agar Awet dan Tahan Lama

Beberapa cara yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut ini:

1. Selalu Menggunakan Charger Original

Gunakan charger original yang telah sesuai dengan standar kualitas dari hp yang anda gunakan. Hal ini sangat penting agar hp anda tidak cepat panas, karena hp cepat panas begitu rentan kerusakan. Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan charger hp yang asli.

Salah satu fakta yang mungkin banyak orang belum tahu adalah penggunaan power bank terlalu sering juga tidak baik untuk hp. Sesuaikan penggunaan power bank dengan fungsinya yaitu digunakan ketika urgent saja.

2. Bersihkan Hp dari Debu yang Menempel

Membersihkan hp dari debu yang menempel merupakan hal wajib, cara ini pun terbilang sederhana untuk diterapkan. Hp yang sering dibawa ke mana-mana begitu rentan terkena debu dan kotoran, jika debu dan kotoran sudah mengendap menjadikan hp lebih cepat panas.

Membersihkan debu secara berkala adalah hal yang baik, cara merawat hp agar awet yang satu ini bisa dilakukan dengan lap kacamata atau lap microfiber. Jangan gunakan tisu karena serrat pada tisu bisa mengendap di hp dan bisa menempel bersamaan dengan debu.

3. Hindari Gunakan Hp di Tempat Panas

Rata-rata hp memiliki suhu normal antara 16 – 30 derajat celcius. Hindari suhu panas di sekitar hp, tapi kalau anda sedang beraktivitas di luar ruangan sebaiknya taruh hp di tas agar tidak terpapar panas matahari secara langsung.

4. Jangan Main Game saat Hp di-Charge

Banyak sekali pengguna hp yang melakukan hal ini, padahal main game ketika hp di-charge malah memberikan beban yang terlalu berat pada hp. Hal tersebut jika dilakukan secara berulang bisa merusak baterai. Akan lebih baik main game ketika baterai hp sudah terisi penuh.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kembali cek hp anda apakah ada aplikasi yang jarang atau tidak digunakan sama sekali? Jika iya, anda dapat me-uninstall aplikasi tersebut. Ini dilakukan sebagai salah satu cara merawat hp agar awet dan performanya pun tetap dalam kondisi stabil.

Ada beberapa aplikasi yang cukup besar memakan kapasitas CPU dan RAM, jika dibiarkan saja bisa membuat performa hp lebih lambat.

6. Jangan Tunggu 0% untuk Mengisi Daya Baterai

Untuk mengisi daya baterai hp jangan tunggu sampai 0% atau benar-benar habis, ini bisa membuat baterai cepat rusak. Ketika anda mengisi daya di 0%, tegangan bisa bertambah sehingga menjadikan baterai tertekan. Idealnya baterai hp ada di persentase 30-80%, jadi anda bisa mengisi daya ketika baterai kurang dari 30%. Tapi jangan isi baterai hingga 100% karena tekanan yang tinggi bisa membuat baterai cepat rusak.

7. Update Aplikasi dan OS Secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu melakukan update aplikasi dan OS secara berkala, dengan adanya pembaruan sistem maka performa hp anda bisa tetap prima. Cara merawat hp agar awet yang satu ini juga begitu mudah untuk diterapkan. Apalagi dengan meng-update secara berkala bisa memperbaiki masalah bug, keamanan, kinerja hp lebih meningkat, fitur-fitur terbaru pun bisa anda dapatkan.

8. Hindari Memaksa Hp untuk Multitasking

Jangan memaksa hp anda untuk melakukan multitasking, kalau terlalu banyak aplikasi latar belakang yang terbuka dan tidak ditutup dengan baik performa hp bisa melambat.

9. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cara merawat hp agar awet yang selanjutnya yaitu dengan membersihkan cache secara rutin. File temporer atau cache dihasilkan browser maupun aplikasi. Dengan membersihkannya secara rutin, ruang penyimpanan hp akan lebih luas dan membantu performa hp agar lebih baik.

10. Hindari Hp Berdekatan dengan Magnet

Ada kalanya kita tidak menyadari benda-benda apa saja yang dekat dengan hp. Terkadang meletakkan hp bisa di radio, tv, maupun perangkat elektronik lainnya yang mempunyai magnet. Meletakkan hp dekat dengan air hangat, logam, dan medan magnet akan sangat berbahaya karena bisa merusak speaker smartphone.

11. Pakai Screen Protector dan Casing

Dan cara yang terakhir adalah penggunaan screen protector dan casing, kedua hal ini sangat penting untuk tetap menjaga bagian luar hp agar tidak cepat rusak dan terlindung dari goresan serta debu. Kalaupun hp anda terjatuh, maka body hp bisa lebih terlindungi.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *