9 Cara Atasi Jaringan 4G Lemot Agar Lancar Kembali

9+ Cara Atasi Jaringan 4G Lemot Agar Lancar Kembali

Cara atasi jaringan 4G lemot perlu diketahui agar sewaktu-waktu jaringan tersebut tidak berjalan dengan baik, anda bisa langsung menerapkan beberapa caranya sehingga kecepatan jaringan kembali normal. Sangat menyebalkan memang jika internet di hp tiba-tiba mengalami lemot, apalagi kalau kita sedang mengerjakan tugas dan terburu-buru.

Kendala jaringan lemot bisa dialami oleh siapa saja, dan kejadian ini begitu menghambat pekerjaan. Aktivitas anda yang menggunakan internet akan sangat terganggu.

9 Cara Atasi Jaringan 4G Lemot

Kalau anda sedang mengalami hal tersebut, sebaiknya terapkan 9 cara atasi jaringan 4G lemot seperti yang kami jelaskan di bawah ini:

1. Cek Kuota

Cara atasi jaringan 4G lemot yang pertama yaitu dengan mengecek kuota. Perlu anda ketahui bahwa internet yang tiba-tiba melambat bisa dikarenakan data seluler yang menipis atau habis. Jadi anda sebaiknya jangan ragu untuk mengecek sisa kuota apakah masih ada atau tidak.

Biasanya kalau kuota sudah mau habis atau sudah habis, provider akan mengirimkan SMS mengenai sisa kuota anda. Cek di SMS apakah ada pesan dari provider atau bisa dengan kode dial operator masing-masing.

2. Restart Hp

Silakan restart hp anda, cara ini mudah dan terkadang bisa mengatasi jaringan 4G lemot. Ada beberapa kasus sistem di hp mengalami masalah dan akan kembali pulih jika di-restart. Ketika anda restart hp, nantinya ada aplikasi yang berhenti sementara, dan diharapkan jaringan internet kembali seperti semula.

3. Memeriksa Jaringan

Sinyal melemah atau bahkan terputus adalah salah satu masalah yang begitu menyebalkan, apalagi kalau kondisinya urgent di mana anda harus mengerjakan tugas dengan tenggat waktu tertentu. Kalau secara tiba-tiba jaringan lemot, segera cek jaringan dengan keluar rumah dan memantau apakah ada pergerakan sinyal yang bertambah.

Tapi jika sinyal tidak bertambah juga, coba hubungi operator seluler yang anda gunakan dan tanyakan mengenai kendala yang anda alami.

4. Restart Pengaturan Sistem

Lakukan restart pengaturan sistem operasi atau OS, ini bisa anda terapkan karena ada beberapa jaringan yang bisa kembali lancar setelah anda lakukan restart. Kalau restart pengaturan sistem sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, anda bisa mencoba flashing ulang firware hp.

5. Periksa APN

Periksa APN bisa jadi cara atasi jaringan 4G lemot, dengan memeriksa Access Point Names atau APN ini diharapkan jaringan bisa kembali lancar. Kami sarankan untuk memakai APN tanpa username atau password ya jika kartu SIM diaktifkan.

Setiap hp punya APN berbeda-beda, jadi bergantung dengan sistem OS masing-masing. Setelah anda mengecek APN, restart hp dan jaringan 4G akan kembali lancar seperti semula.

6. Menutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Ini bisa menjadi solusi praktis jika jaringan 4G anda tiba-tiba lemot, nonaktifkan atau menutup aplikasi yang tidak digunakan. Dengan menutup aplikasi tersebut maka penggunaan data berkurang dan jaringan lebih meningkat. Kadang ada saja aplikasi yang tetap berjalan dan sumber daya koneksi akan terkuras.

7. Akses Safe Mode

Gunakan safe mode untuk cara atasi jaringan 4G lemot. Cara untuk menerapkannya sangat mudah, anda hanya perlu menekan tombol power off di hp beberapa waktu, kemudian klik OK. Kalau hp sudah kembali berjalan dengan baik, setelah akses safe mode, artinya jaringan 4G lambat karena aplikasi pihak ketiga di hp anda.

8. Periksa Lokasi

Pastinya anda sudah mengetahui akan hal ini ya, tidak semua lokasi mempunyai jaringan internet yang sama. Bisa saja lokasi A memiliki jaringan internet yang baik, tapi ketika anda berpindah ke lokasi B malah intenetnya memburuk.

Kalau anda saat ini ada di lokasi yang jaringan 4G-nya kurang baik, segera pindah ke lokasi yang memberikan sinyal jaringan lebih bagus.

9. Nyalakan Mode Pesawat

Dan terakhir yaitu dengan menggunakan mode pesawat, gunakan mode ini sebagai cara atasi jaringan 4G lemot ya. Nyalakan mode pesawat beberapa waktu untuk melakukan reset jaringan dan diharapkan performa jaringan 4G lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *